SEGALA INFORMASI PPDB ADA DI LAMAN PENGUMUMAN

Thursday, February 6, 2020

TANJUNG




Pohon Tanjung adalah salah satu pohon rimbun yang biasanya dimanfaatkan sebagai peneduh pinggir jalan raya, taman, hutan kota, pekarangan, serta lingkungan sarana umum lainnya.
Kingdom :
Plantae
Ordo :
Ericales
Famili :
Sapotaceae
Genus :
Mimusops
Spesies :
M. elengi
Pohon tanjung merupakan pohon hijau dan rimbun yang dapat dimanfaatkan bagian bunga dan buahnya. Pohon dengan nama latin Mimusops Elengi ini adalah spesies yang berasal dari negara India, Sri Lanka dan Burma. Keberadaannya pohon dengan wangi semerbak dan berbuah manis agak sepat di Indonesia sudah sejak lama dan dikenal dengan banyak nama, seperti pohon tanjong di Bugis, tanjo di Bima, keupula cange di Aceh, kahekis/karikis/rekes di Sulawesi Utara, dan angkatan/wilaja di Bali.
Di masyarakat Jawa pohon Tanjung memiliki posisi tersendiri dan sering dijadikan sebagai pohon pekarangan rumah adat Jawa, seperti halnya selain pohon beringin, ase, sawo kecik, gayam, kemuning dan kepel. Nama pohon Tanjung juga memiliki makna bagi budaya Jawa. Secara etimologi Jawa, pohon tanjung diambil dari kata ‘ta’ yang artinya tandha dan ‘jung’ yang artinya ajhunjhung. Keduanya jika digabungnya memiliki arti sebuah ajakan untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai dan ajaran agama. Pohon tanjung memiliki ciri morfologi yang dapat dikenali sebagai berikut:
·      Tumbuhan tanjung dapat tumbuh hingga ketinggian 25 meter
·      Memiliki daun tunggal, tersebar dan bertangkai panjang, bentuknya bulat lonjong.
·      Mempunyai bunga yang berbau harum yang khas
·      Kayu tanjung bersifat padat, keras dan berat, berwarna cokelat tua dan teksturnya halus, termasuk tahan jamur tetapi tidak tahan rayap

Manfaat dan Fungsi
Dalam kehidupan sehari-hari, pohon tanjung kerap dimanfaatkan untuk berbagai keperluan berikut ini:
1.      Pohon Peneduh dan Hutan Kota, Pohon tanjung merupakan salah satu pohon yang sering ditanam di kawasan hutan kota. Pemanfaatan ini dikarenakan tanjung memiliki sifat meneduhkan hingga 125 meter persegi area teduhan tergantung dengan umur pohon. Buah tanjung adalah salah satu makanan bagi beragam burung pemakan buah dan biji, sehingga juga dapat menjaga keseimbangan ekosistem. Meski kemampuannya dalam menyerap polusi udara tidak terlalu bagus, namun pohon tanjung tidak mudah tercemar dan cukup kuat hidup dalam jangka waktu panjang. Pohon ini juga bisa meredam suara dan debu, oleh karena itu pohon tanjung juga dijuluki sebagai pohon multi fungsi.
2.    Manfaat Kayu Tanjung, Kayu pohon tanjung bersifat padat, kuat, keras dan berat serta memiliki kualitas yang cukup bagus. Kayu tanjung juga sangat mudah diolah menjadi berbagai produk, karena mudah diserut, dilubangi persegi, dibor, dan di ampelas. Dalam skala yang lebih luas, kayu tanjung digunakan digunakan menjadi barang-barang sebagai berikut:
·      Pasak pada pembuatan perahu
·      Tangkai tombak atau perkakas lainnya
·      Berbagai macam mebel (kursi, lemari, dan lainnya)
·      Tiang rumah
·      Bahan ukiran dan patung
·      Kayu penutup lantai
·      Struktur pembuatan jembatan kayu
·      Bantalan kereta api
Akan tetapi kayu tanjung memiliki kelemahan atau kekurangan, yaitu tidak mudah dikeringkan secara baik karena pada proses pengeringan cenderung melengkung, pecah ujung, atau retak pada permukaannya.
1.     Bunga Tanjung Sebagai PengharumBanyak masyarakat yang memanfaatkan bunga tanjung sebagai pengharum ruangan, pakaian, badan hingga rambut. Beberapa cara memanfaatkan bunga tanjung adalah sebagai berikut:Bunga tanjung untuk pengharum ruangan cukup letakkan di beberapa ruangan di rumah, maka bau harum akan menyebar secara alami.Bunga tanjung untuk pengharum pakaian alami dengan cara meletakkan bunga di dalam lemari sehingga pakaian selalu wangi dan segar.Bunga tanjung juga bisa digunakan untuk aroma terapi dengan cara merebusnya dengan empat liter air mendidih, setelah itu dicampur dengan air dingin hingga mencapai suhu suam-suam kuku.Air rebusan bunga tanjung juga bisa digunakan untuk mandi dan akan membuat badan menjadi wangi dan terasa hangat.Bunga tanjung dapat digunakan untuk membuat pewangi rambut dengan cara merendam bunga pada minyak kelapa lalu dioleskan ke rambut.
2.     Buah TanjungBuah pohon tanjung dapat dikonsumsi dan memiliki rasa manis agak sepat. Buah tanjung muda berwarna hijau dan berubah menjadi kuning kemerahan ketika matang atau masak. Selain itu, buah tanjung uga disukai oleh berbagai spesies burung. 
3.     Pepagan Kulit BatangPohon tanjung juga terkenal dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit melalui kulit barangnya. Bagian pepagan kulit tanjung dapat direbus dan diminum secara rutin. Berikut ini beberapa gejala sakit yang bisa disembuhkan oleh khasiat kulit pohon tanjung, antara lain:
·      Air rebusan pepagan kulit batang tanjung memiliki sifat antipiretik dan ampuh meredakan panas demam, caranya dengan memimun air rebusan kulit tanjung saat masih hangat
·       Digunakan sebagai obat penambah stamina bagi lelaki dengan cara merebus pepagan kulit batang dan mencampurnya dengan madu dan telur ayam kampung, bisa diminum seminggu sekali
·       Air rebusan kulit batangnya dapat digunakan untuk mencuci luka
·    Meminum air rebusan kulit kayu tanjung dua kali sehari dipercaya dapat menyembuhkan atau meringankan murus disertai dengan demam yang biasa terjadi pada anak-anak
·     Dapat mengatasi sakit gigi dan juga menghilangkan bau mulut dengan cara berkumur air rebusan pepagan kulit batang tumbuhan tanjung selama kurang lebih empat hari 

4.      Daun Pohon TanjungSelain kulit batangnya yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, daun pohon tanjung juga memiliki manfaat sebagai berikut:Daun tanjung bisa digunakan sebagai obat untuk meredakan sakit kepala atau pusing, caranya dengan dihaluskan atau digerus kemudian ditambahkan sedikit air dan gunakan sebagai tapal pada ubun-ubun atau kening seperti kompres.Dapat mengobati seriawan mulut dengan cara diisap seperti rokok, mula-mula daun di rajang seperti tembakau lalu dicampur sedikit serutan kayu secang lalu di linting dengan daun pisang tua. 
5.      Akar Pohon TanjungBanyak sekali manfaat dari bagian-bagian pohon tanjung, termasuk dari akarnya. Akar tanjung memiliki khasiat untuk mengobati sakit tenggorokan atau suara yang payau. Caranya dengan mencampurkan akar pohon tanjung dengan cuka lalu diseduh selagi hangat. Kulit akar pohon tanjung mengandung senyawa bernama tanin dan alkaloid yang tidak beracun. 
6.      Ekstrak Biji Buah TanjungBiji dari pohon tanjung juga memiliki banyak manfaat dan bisa digunakan untuk membantu dalam pengobatan herbal. Caranya dengan membuat ekstrak dari biji tanjung dan menghasilkan asam lemak serta minyak atsiri.

No comments:

Post a Comment

PAT Kelas 6: Bulan Puasa? Why Not?

Bulan Ramadhan tidak menyurutkan semangat anak-anak untuk belajar, khususnya untuk kelas 6 SDN Kepanjen 2 Jombang. Meskipun dalam kondisi be...