SEGALA INFORMASI PPDB ADA DI LAMAN PENGUMUMAN

Thursday, February 6, 2020

SRI REJEKI



Klasifikasi ilmiah
Kingdom:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Liliopsida
Ordo:
Alismatales
Famili:
Araceae
Genus:
Aglaonema
Schott
Spesies

Aglaonemasri rezeki, atau chinese evergreen merupakan tanaman hias populer dari suku talas-talasan atau Araceae. Genus Aglaonema memiliki sekitar 30 spesies. Habitat asli tanaman ini adalah di bawah hutan hujan tropis, tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.Tanaman ini memiliki akar serabut serta batang yang tidak berkambium (Berkayu).Daun Menyirip serta memiliki pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak.
Kini berbagai macam Aglaonema hibrida telah dikembangkan dengan penampilan tanaman yang sangat menarik dengan bermacam-macam warna, bentuk, dan ukuran daun sehingga jauh berbeda dari spesies alami.
Tanaman Sri Rejeki –  atau biasa disebut juga dengan tanaman aglaonema merupakan jenis tanaman yang dijadikan penghias taman di sekitar rumah. Tanaman yang mempunyai keindahan pada daunnya banyak dijadikan tanaman hias karena mempunyai warna yang beragam, selain itu juga mudah dalam hal perawatannya. Tanaman sri rejeki juga cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, oleh karena meskipun ditaruh di dalam ruangan dengan sinar matahari yang minim tanaman ini bisa bisa bertahan hidup.
Meski demikian sebenarnya tanaman aglaonema mempunyai jenis dan sifat yang berbeda-beda. Ada sebagian tanaman yang memang harus terkena sinar matahari, ada yang bisa tumbuh di tempat yang minim sinar matahari semua itu tergantung dari habitat asal tanaman. Secara umum tanaman sri rejeki berasal dari habitat hutan tropis dengan intensitas matahari rendah dan kelembaban yang tinggi. Secara fisik tanaman ini bisa dikenali dari bentuk daun menyirip dengan berhiaskan corak menarik dalam berbagai warna. Selain itu batang tanaman aglaonema tidak berkambium dan mempunyai akar serabut.
Daya tarik dari tanaman aglaonema ada pada daunnya yang mempunyai bentuk dan warna yang elegan. Tidak hanya berwarna hijau, tanaman ini juga mempunyai warna lain seperti kombinasi warna merah, putih, merah muda, dan kuning. Tidak heran bila tanaman ini mendapat julukan “Ratu Daun”. Untuk mengenali tanaman sri rejeki bisa dilihat dari ciri-cirinya yang disebutkan di bawah ini.
ü Akar tumbuhan sri rejeki bisa menentukan kondisi tanaman yang dipelihara. Akar yang mempunyai warna putih menunjukan tanaman ini dalam keadaan baik. Sedangkan akar tanaman yang berwarna coklat menunjukan bahwa tanaman tersebut dalam keadaan sakit.
ü Batang aglaonema biasanya mempunyai diameter yang kecil yakni sekitar 1-3 cm atau bergantung dari lingkungan dan kemampuan tumbuh tanaman tersebut.
ü Daun merupakan bagian yang menjadi daya tarik utama dari tanaman sri rejeki. Sri rejeki yang hidup di alam bebas biasanya mempunyai warna daun dominan dengan corak putih. Sedangkan jenis tanaman yang sengaja dibudidayakan mempunyai warna daun dominan merah kemerahan. kuning sampai warna jingga. Bentuknya juga bervariasi dari bentuk lanset, bulat telur sampai bentuk elips.
ü Bunga pada tanaman aglaonema memiliki bentuk seperti bunga talas dan keladi yang muncul dari ketiak daun.
ü Buah tanaman sri rejeki biasanya muncul pada pangkal bunga, berbentuk tonjolan kecil. Buah tanaman ini akan matang dalam waktu 8 bulan setelah terjadi pembuahan. Bentuk buah seperti bentuk buah kopi dengan besar diameter mencapai 1 cm.

Manfaat Tanaman Sri Rejeki

Meskipun mempunyai kandungan racun, tetapi tanaman ini tetap menjadi primadona untuk dijadikan tanaman hias. Yups, sri rejeki merupakan salah satu tanaman hias daun yang banyak digandrungi untuk memperindah lingkungan. Selain sebagai tanaman hias, ternyata sri rejeki mempunyai beberapa manfaat lain lho. Berikut beberapa manfaat sri rejeki.
Tanaman Aglaonema Sebagai Hiasan Kalau fungsi yang satu ini sudah tidak diragukan lagi bukan? Yup, dengan bentuk dan warna daun yang beragam serta tampilan menarik membuat tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman hias. Selain itu tanaman sri rejeki juga tahan terhadap suhu ruangan biasa maupun ber-AC, oleh karena itu sangat cocok untuk dijadikan hiasan interior yang memikat mata. Selain sebagai hiasan di ruangan, tanaman ini juga sangat cocok untuk mempercantik taman. Anda bisa menanam tanaman ini untuk dijadikan pembatas atau penghias suatu taman. Dengan menanamnya di sekitar batu-batu penghias akan membuat taman Anda terlihat lebih asri dan segar.

No comments:

Post a Comment

PAT Kelas 6: Bulan Puasa? Why Not?

Bulan Ramadhan tidak menyurutkan semangat anak-anak untuk belajar, khususnya untuk kelas 6 SDN Kepanjen 2 Jombang. Meskipun dalam kondisi be...