SEGALA INFORMASI PPDB ADA DI LAMAN PENGUMUMAN

Thursday, February 6, 2020

CEMARA


Tanaman  cemara merupakan tanaman yang masuk dalam suku casuarinaceae, yang terdapat sekitar 70 jenis. Sebagian suku cemara berada di Belahan Bumi Selatan, wilayah tropis Dunia Lama, seperti Indonesia, Malaysia, Australia, serta Kepulauan Pasifik. Cemara merupakan tanaman yang cukup artistik sebagai penataan taman. Terbentuk sedemikian rupa dari gaya seni jepang bernama bonsai. Jenis cemara dari Indonesia yang cocok untuk dibuat bonsai adalah cemara udang, yang berasal dari Madura provinsi Jawa Timur.
Tanaman cemara disebarkan pertama kali di Benua Amerika, kemudian ke Siberia hingga sampai ke Filipina. Namun tanaman cemara saat ini sudah menyebar ke seluruh belahan bumi, mulai dari Afrika Selatan, Selandia Baru, Australia hingga daerah katulistiwa. Habitat tanaman cemara ada diseluruh dunia karena tanaman cemara mampu bertahan disegala kondisi cuaca yang membuat cemara dapat ditanam dimana saja.
Tanaman cemara merupakan tanaman yang dapat tumbuh sampai ketinggian kurang lebih 6 meter,cemara memiliki cabang dan ranting dengan tersusun rapi dan menutup daun yang bentuknya seperti jarum tumpul. Pada daun muda tanaman cemara panjangnya dapat mencapai sekitar 1 sampai 1,5 cm, denagn ketebalan sekitar 1 mm serta memiliki warna hijau. Jika cemara semakin tinggi maka cabangnya juga semakin tidak simetris.
Pada permukaan batang tanaman cemara terasa kasar serta mengandung resin yang dapat dimanfaatkan pada industri kosmetika. Salah satu jenis tanaman cemara yang sering dijadikan sebagai tanaman hias adalah cemara norfolk. Tanaman cemara memiliki klasifikasi yang membedakan secara ilmiah dengan tumbuhan lainnya, diantaranya adalah sebagai berikut;
ü  Kingdom          : Plantae
ü  Sub Kingdom   : Viridiplantae
ü  Infra Kingdom : Streptophyta
ü  Super Divisi     : Embryophyta
ü  Divisi               : Tracheophyta
ü  Sub Divisi        : Spermatophytina
ü  Kelas                : Pinopsida
ü  Sub Kelas         : Pinidae
ü  Ordo                 : Pinales
ü  Family              : Cupressaceae
ü  Genus               : Platycladus Spach
ü  Spesies             : Platycladus orientalis L. Franco

No comments:

Post a Comment

PAT Kelas 6: Bulan Puasa? Why Not?

Bulan Ramadhan tidak menyurutkan semangat anak-anak untuk belajar, khususnya untuk kelas 6 SDN Kepanjen 2 Jombang. Meskipun dalam kondisi be...