SEGALA INFORMASI PPDB ADA DI LAMAN PENGUMUMAN

Thursday, February 6, 2020

PALEM


Pohon palem termasuk ke dalam famili pinang-pinangan atau Arecaceae,  yang merupakan kelompok tumbuhan berbunga yang banyak anggotanya memiliki nilai penting dalam kehidupan manusia. Contohnya Pohon Kelapa, enau dan pinang  yang banyak dikenal oleh seluruh penduduk kepulauan tropika dan mempunyai manfaat yang serba guna. Pemanfaatannya mencakup hampir semua bagian tumbuhan. Berikut ini yang termasuk kedalam ciri-ciri pohon palem:
·      Memiliki Batang yang jarang bercabang dan tumbuh tegak ke atas. Tumbuh secara batang tunggal seperti kelapa dan ada yang berumpun seperti salak, bahkan ada yang merambat atau memanjat pada pohon lain seperti rotan.
·  Memiliki akar yang tumbuh dari pangkal batangnya, berbentuk silinder, kurang bercabang dan masif (padat). Akar palem biasanya menghujam ke dalam tanah, sehingga dapat menopang batangnya yang tumbuh menjulang tinggi hingga ada yang 20 meter bahkan lebih. 
·    Batang pohon palem umumnya beruas-ruas dan tidak memiliki kambium sejati.
·   Daunnya termasuk daun majemuk dan tersusun nyirip tunggal, dan ada pada beberapa kelompok ditumbuhi duri. Pada tangkai daun dilengkapi pelepah daun yang membungkus batang.
·   Memiliki bunga yang tersusun dalam karangan yang dalam kondisi masih muda terlindung oleh seludung bunga. Karangan bunga palem ini disebut mayang. Tangkai mayang ini bila dilukai akan mengeluarkan cairan manis yang disebut nira. Dalam karangan bunga ini terdapat bunga dan bunga jantan. Dan penyerbukan biasa dilakukan oleh serangga atau burung kecil.
· Buahnya biasanya memiliki kulit luar yang relatif tebal, yang menutupi bagian dalam (mesokarpium) yang berair atau berserat. Serat buah dikenal juga sebagai sabut.
·  Biji dilindungi oleh lapisan buah bagian dalam (endokarpium) yang keras dan berkayu. Pada kelapa, lapisan ini disebut sebagai batok.
·  Di dalam batok terdapat biji yang ketika buah masih muda relatif cair dan berangsur-angsur membentuk endapan yang semakin lama mengeras. Endapan ini biasanya mengandung banyak lemak dan protein. Beberapa jenis masih menyisakan cairan di dalamnya. Cairan ini dapat diminum sebagai minuman penyegar (seperti pada kelapa dan siwalan).

No comments:

Post a Comment

PAT Kelas 6: Bulan Puasa? Why Not?

Bulan Ramadhan tidak menyurutkan semangat anak-anak untuk belajar, khususnya untuk kelas 6 SDN Kepanjen 2 Jombang. Meskipun dalam kondisi be...