SEGALA INFORMASI PPDB ADA DI LAMAN PENGUMUMAN

Thursday, February 6, 2020

SAWO KECIK



Klasifikasi
Kingdom      : Plantae
Divisi            : Spermatophyta
Kelas            : Magnoliopsida
Ordo             : Ebenales
Famili           : Sapotaceae
Genus           : Manilkara
Spesies         : Manilkara kauki (L.) Dubard

Habitus pohon. Sawo Kecik (Manilkara kauki) berukuran sedang dengan tinggi mencapai 25 m dengan diameter dapatmencapai 100 cm. Daun-daunnya mengelompok pada bagian ujung batang. Di permukaan bawah daun berwarna keputihan dan halus dengan tangkai daun tidak menebal, panjang tangkai daun 7 mm. Kuncup bunga berbentuk bulat telur. Buah berbentuk bulat telur atau bulat telur sungsang berukuran kecil dengan panjang berkisar 3.7 cm dan mempunyai kulit pembungkus yang sangat tipis dan mudah dikelupas.
Sawo Kecik berakar tunggang yang berbentuk kerucut panjang, tumbuh lurus kebawah, bercabang banyakdan cabang-cabangnya bercabang lagi, sehingga dapat memberi kekuatan yang lebih besar kepada batang dan menghasilkan daerah perakaran yang amat luas, sehingga dapat menyerap air dan zat-zat makanan yang lebih banyak.
Batangberkayu, berbentuk bulat, permukaannya terdapat alur-alur yang jelas memperlihatkan berkas-berkas daun penumpu dan lepasnya kerak (bagian kulit yang mati). Percabangan tergolong percabangan simpodial(batang pokok yang sukar ditentukan) dengan cabang bersirung pendek yaitu cabang-cabang kecil dengan ruas-ruas yang pendek yang selain daun  biasanya merupakan pendukung bunga dan buah.
Daun termasuk daun tidak lengkap yang hanya memiliki tangkai dan helaian saja, tersusun menyirip gasal. Tangkai daun memiliki bentuk dan ukuran yang pipih dan tepinya melebar dan juga pada pangkal dan ujung tangkai daunnya menebal.  Helaian daun berbentuk bulat telur, ujung dauntumpul, pangkal daun meruncing, tulang daun menyirip.
Bunga termasuk bunga majemuk bentuk tandan muncul di ketiak daun, berkelamin dua. Daun kelopak bulat,memiliki enam benang sari,  putik menjulang ke luar, mahkota berbentuk tabung.Buah berbentuk bulat telur atau bulat telur terbalik,mempunyai kulit pembungkus yang sangat tipis dan mudah dikelupas,bila masak mempunyai rasa yang manis dan kadang-kadang terasa agak sepat. Buah sawo kecik merupakan tipe buah buni, tunggal, dan berdaging.

No comments:

Post a Comment

PAT Kelas 6: Bulan Puasa? Why Not?

Bulan Ramadhan tidak menyurutkan semangat anak-anak untuk belajar, khususnya untuk kelas 6 SDN Kepanjen 2 Jombang. Meskipun dalam kondisi be...