SEGALA INFORMASI PPDB ADA DI LAMAN PENGUMUMAN

Sunday, February 9, 2020

JERUK PURUT


Jeruk purut, jeruk limau, limau, atau limo (Citrus × hystrix DC.) merupakan tumbuhan perdu yang dimanfaatkan terutama buah dan daunnya sebagai bumbu penyedap masakan. Dalam perdagangan internasional dikenal sebagai kaffir lime, sementara nama lainnya ma kruut (Thailand), krauch soeuch (Kamboja), 'khi 'hout (Laos), shouk-pote (Burma), kabuyau, kulubut, kolobot (Filipina), truc (Vietnam) dan limau kuwit (Banjar). Daun jeruk purut, dipakai sebagai pengharum dalam masakan. Jeruk rempah ini termasuk ke dalam subgenus Papeda, berbeda dengan jenis jeruk pasaran lainnya, sehingga penampilannya mudah dikenali.
Tumbuhannya berbentuk pohon kecil dengan tinggi antara 2-12 meter. Batangnya bengkok atau bersudut, agak kecil, dan bercabang rendah. Tajuknya tak beraturan. Cabang-cabangnya rapat. Rantingnya berduri, kecil, dan bersudut tajam. Daun berbentuk bulat telur, ujungnya tumpul, dan bertangkai satu.[1] Daunnya itu seperti dua helai yang tersusun vertikal akibat pelekukan tepinya yang ekstrem; tebal dan permukaannya licin, agak berlapis malam. Daun muda dapat berwarna ungu yang kuat. Buahnya kecil, biasanya tidak pernah berdiameter lebih daripada 2cm, membulat dengan tonjolan-tonjolan dan permukaan kulitnya kasar; kulit buah tebal. Perbanyakan dilakukan dengan biji atau dengan pencangkokan.

Manfaat Daun Jeruk Purut

1.      Menjaga Stamina Tubuh
Daun jeruk purut dapat dikonsumsi ketika sistem kekebalan tubuh melemah dan menyebabkan gejala seperti lemas, kelelahan dan kelesuan. Daun ini dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh sehingga dapat mengatasi berbagai tetes kesehatan yang terjadi di dalam tubuh.
2.      Menjaga Kesehatan Mulut
Khasiat daun jeruk purut selanjutnya adalah perlindungan kesehatan mulut, selain bagian dari buah yang juga kaya akan vitamin C dan sangat berguna untuk mengatasi berbagai masalah mulut. Bagian dari daun jeruk purut dapat digosokkan langsung pada gusi untuk membunuh berbagai bakteri berbahaya yang tidak dapat dihilangkan saat menyikat gigi. Selain itu, minyak yang diekstrak dari daun jeruk purut ini juga dapat dicampur dengan pasta gigi atau obat kumur untuk meringankan gigi dan pada saat yang sama membuat mulut, gusi dan gigi sehat.
3.      Mengatasi Peradangan
Berbagai jenis peradangan seperti radang sendi, rematik, asam urat, edema dan jenis peradangan lainnya hanya dapat diatasi dengan daun jeruk purut. Daun jeruk purut yang sudah dihaluskan dapat digunakan sebagai obat topikal untuk nyeri peradangan, karena memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik.
4.      Merawat Kesehatan Rambut
Mungkin masih banyak yang tidak tahu jika daun jeruk purut halus dan dicampur dengan jus jeruk nipis. Campuran ini dapat diaplikasikan langsung ke kulit kepala dan rambut untuk memperlambat kebotakan pada pria dan memperkuat folikel rambut. Daun jeruk purut juga sangat baik untuk melembabkan kulit kepala dan mencegah ketombe dan membuat rambut terlihat berkilau.
5.      Mengurangi Stres
Daun jeruk purut memiliki sumber antioksidan yang sangat tinggi yang berasal dari kandungan minyak atsiri didalamnya. Dengan cara ini, daun harum ini dapat digunakan untuk menghilangkan stres sambil merangsang otak untuk menghasilkan hormon yang dapat meningkatkan mood. Cara terbaik untuk mencapai manfaat ini adalah mencampurkan daun jeruk purut ke dalam makanan seperti soto, salad, saus cabai, sup, dan berbagai makanan lainnya. Mereka juga bisa direbus dan kemudian minum air rebusan jeruk purut.
6.       Mengobati Influenza
Jika Anda menderita influenza, daun jeruk purut juga dapat digunakan karena dapat menangkis virus. Daun ini dapat digunakan sebagai solusi batuk dan menyembuhkan influenza dengan menyerang virus yang menghasilkan lebih banyak sel darah putih daripada sistem kekebalan alami Anda. Anda bisa mencampurkan daun ini dengan minuman atau makanan untuk menyembuhkan berbagai penyakit pernapasan

No comments:

Post a Comment

PAT Kelas 6: Bulan Puasa? Why Not?

Bulan Ramadhan tidak menyurutkan semangat anak-anak untuk belajar, khususnya untuk kelas 6 SDN Kepanjen 2 Jombang. Meskipun dalam kondisi be...