SEGALA INFORMASI PPDB ADA DI LAMAN PENGUMUMAN

Friday, February 14, 2020

KETAPANG KENCANA



Nama ilmiah pohon ketapang kencana adalah terminalia mantaly yang kini telah banyak dibudidayakan dikebun bibit bandung desa cihideung wisata bunga. Sebidang area taman yang banyak ditanami pohon ketapang kencana akan memberikan dampak yang positif pada lingkungan, sebab mampu meneduhkan dan menyerap erbagai polusi udara, yang tentunya akan berdampak kepada hunian yang lebih asri dan ramah lingkungan
Ranting-ranting pohon ketapang yang telah tumbuh dapat berguna untuk menyaring cahaya matahari yang masuk, yang memungkinkan area sekitar dapat terasa lebih sejuk dan teduh. Selain itu, pada organnya terdapat sebuah akar yang berguna untuk menyerap unsur air berlebih. Dengan demikian bisa disimpulkan, selain dapat dipergunakan untuk hiasan taman, ternyata pohon ini juga dapat meminimalisir terjadinya banjir sebab bagian perakarannya dapat menyerap sejumlah air yang ditumpahkan dari atas langit.
Akar yang tumbuh pada pohon ketapang berjenis akar tunggang yang mana akar semacam ini akan sangat berguna untuk memperkokoh berdirinya suatu pohon, yang umumnya pohon dapat tumbuh hingga belasan meter. Oleh karenanya akar tunggang sangat diperlukan untuk menjaga stabilitas dan kekokohan berdirininya suatu pohon. Untuk itu, kini para developer perumahan sangat memprioritaskan pohon ketapang khususnya pohon ketapang kencana agar dapat digunakan sebagai komponen taman.
Contohnya seperti diperumahan dibandung, kota baru, parahyangan padalarang. Disana sudah banyak sekali  pohon ketapang berjenis kencana yang ditanam secara berjajar pada area trotoar jalan ataupuan pada pelataran rumah. Fungsinya sudah dapat kita simpulkan, selain dapat membuat nuansa sejuk keamanan dari bencana banjirpun lebih terjamin
Tapi jika anda berminat menanamnya anda harus berhati-hati, sebab ada pohon ketapang kencana yang tidak memiliki akar tunggang. Hal ini didasari dari perubahan sifat mutan pohon tersebut yang didalangi oleh cara pembudidayaan, yang mana cara pembudidayaan yang dilakukan dengan cara stek akan mengakibatkan pohon ketapang akan mengalami sifat mutan, khususnya mutan pada bagian perakaran, yang seharusnya akar pohon ketapang berjenis tunggang akan berubah menjadi akar serabut. Untuk itu bagi anda yang ingin menanam pohon ketapang maka carilah pohon yang dibudidayakan dari pesemaian biji
Ini karena, pohon ketapang dapat tumbuh hingga belasan meter, tentunya dengan ukuran tinggi seperti itu membutuhkan penyangga berupa akar yang benar-benar kokoh. akar yang kokoh biasanya terdapat pada akar tunggang yang awal proses pembudidayaannya dilakukan dengan cara pesemaian biji. intinya: Jika anda ingin menanam pohon ketapang kencana, tanamlah dari hasil proses pembudidayaan biji. Terlepas dari apa yang diuraikan diatas, admin juga akan sedikit menguraikan mengenai klasifikasi pohon ketapang.
Pohon ketapang khususnya pohon ketapang kencana memiliki bentuk batang yang tegak dengan anatomi ranting berbentuk secara terbentang. Bila dicorelasikan seperti, payung yang sedang terbuka. Pada bentangan ranting dihuni oleh daun-daun yang berukuran kecil yang diperkirakan ukurannya sebesar ukuran kuku jari untuk  jenis ketapang kencana, sedangkan untuk selain jenis ketapang kencana ukuran daunnya lebih besar yang dapat mencapai puluhan centi meter yang semua daunnya dapat menutupi seluruh bagian ranting.
Ketinggian pohon ketapang bisa mencapai belasan meter dari atas permukaan tanah, dengan bentangan ranting mencapai atau lebih dari 4 meter pada pangkal batang, yang semua rantingnya dapat dipangkas. Definisi dan pengetiannya adalah, meskipun pohon ketapang tergolong tumbuhan tinggi dengan ranting yang terbentang, tapi pohon tersebut bisa dipangkas yang setelah dipotong/pangkas maka tunas baru akan muncul pada ketiak ranting.
Para gardener indonesia mengasumsikan bahwa pohon ketapang kencana bisa ditanam dimana saja. Ini didasari dari sifat pohon itu sendiri terutama dari bagian daun yang memiliki tingkat pigmen klorofil tinggi, yang berdampak kepada mudahnya untuk beradaptasi pada tiap iklim dan lingkungan.

No comments:

Post a Comment

PAT Kelas 6: Bulan Puasa? Why Not?

Bulan Ramadhan tidak menyurutkan semangat anak-anak untuk belajar, khususnya untuk kelas 6 SDN Kepanjen 2 Jombang. Meskipun dalam kondisi be...