KELUARGA BESAR SDN KEPANJEN 2 MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1441 H

Thursday, February 6, 2020

KEDONDONG


Kedondong atau buah yang memiliki nama latin Spondias Dulcis banyak dipelihara oleh masyarakat sekitar untuk dijadikan sebagai pohon peneduh ataupun sebagai pembatas pekarangan. Lebih dari itu, sebenarnya banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari hasil penanaman kedondong ini.
Buah kedondong sendiri memiliki tekstur daging yang keras dan renyah bila dimakan. Rasanya pun asam. Ukuran buahnya berbentuk bulat lonjong kecil, kulit berwarna hijau dan biji buah yang berserat. Buah kedondong sangat cocok bila dijadikan sebagai campuran dalam rujak atau manisan. Meskipun kedondong memiliki rasa identik dengan asam, tetapi buah ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut terjadi dikarenakan buah kedondong memiliki banyak senyawa alami, serta bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.
Selain itu, buah ini juga memiliki unsur gula dalam bentuk sukrosa yang bermanfaat sebagai penambah energi dan vitalitas tubuh. Terlebih lagi, kedondong juga dapat digunakan sebagai bahan obat alami. Berikut manfaat kedondong untuk kesehatan tubuh ketika dijadikan sebagai obat :
1.      Sebagai Obat Batuk
Anda sedang sakit batuk? Anda dapat mencoba membuat resep obat sendiri dengan memanfaatkan buah kedondong. Caranya adalah dengan mencuci bersih buah kedondong kemudian diparut atau dihaluskan. Selanjutnya, hasil parutan diperas tanpa menambahkan air. Sari-sari air yang keluar dari hasil perasan kemudian diminum sebanyak dua kali sehari.
2.      Obat Penyembuh Diare
Berbeda dengan obat batuk, untuk menyembuhkan diare dengan kedondong perlu menambahkan kulit dari batang pohon kedondong itu sendiri. Dibutuhkan kurang lebih 20 gr kulit batang kedondong. Kemudian, kulit dipotong kecil-kecil dan direbus hingga mendidih. Hasil rebusan kemudian disaring dan setelah dingin dapat langsung diminum.
3.      Menyegarkan Tubuh dan Menghilangkan Kantuk
Rasa buah kedondong yang asam ternyata sangat efektif untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan rasa kantuk. Saat memakan buah kedondong yang asam tubuh akan bereaksi yang tadinya lemas dan ngantuk akan berubah menjadi segar dan bugar.
4.      Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat buah kedondong yaitu membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan penyakit karena buah kedondong kaya akan vitamin C yang menghasilkan sel darah putih yang sangat bermanfaat bagi pertahanan tubuh. Selain vitamin C, ternyata buah kedondong juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah penuaan dini dan akan mempercepat proses penyembuhannya.
5.      Mencegah Penyakit Berbahaya
Beberapa kandungan nutrisi dari buah kedondong memliki kegunaan yang sangat penting sebagai pencegah penyakit kronis dan penyakit berbahaya. Penyakit-penyakit tersebut antara lain penyakit jantung, penyakit kanker, dan kolestrol.

No comments:

Post a Comment

UCAPAN SELAMAT HARI RAYA

UCAPAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1441 H KEPALA SDN KEPANJEN 2 JOMBANG HERI MUJIONO, S.Pd., M.Pd